iklan displayku

OBAT HERBAL UNTUK PENYAKI MAAG

Selain pengaturan gaya hidup dan pola makan, penyakit maag juga dapat diobati dengan herbal. Yang panting dilakukan sebelum mengonsurnsi herbal adalah berkonsultasi dengan dokter dan menyebutkan semua penyakit yang diderita serta obat-obatan lain yang dikonsumsi (bila memang ada). Selain itu, taati aturan pakai herbal dan jangan tinggalkan gaya hidup sehat. Tanpa hal di atas, terapi yang Anda lakukan mungkin kurang berhasil, bahkan berbahaya bagi diri Anda.

Sebelum membaca apa saja obat herbal untuk penyakit maag alangka baiknya pembaca cermati dulu tips mengkonsumsi obat herbal.

OBAT HERBAL UNTUK PENYAKI MAAG
Lidah buaya
Baca juga: Kulit buah manggis kaya senyawa xanthone yang berkhasiat sebagai antikanker, antivirus, antibakteri, antijamur dll

Tip Mengonsumsi obat Herbal 

Agar obat herbal aman dikonsumsi, simak tip-tip berikut ini. 
1. Praktisi maupun pengguna harus memiliki pengetahuan yang cukup tentang herbal yang dikonsumsi. Tanyakan dan diskusikan dengan dokter jika mendapat resep berbahan herbal.

2. Mulai dengan dosis atau takaran yang kecil dulu. Pada dosis kecil herbal akan bersifat sebagai stimulator (perangsang) dan pada dosis besar justru akan bersifat sebagai depresor (menekan). Oleh karena itu, penggunaannya harus berhati-hati karena harus diingat fungsi yang dituju, sebagai stimulator atau depresor.

3. Bila membeli produk herbal yang telah siap pakai, baik dalam bentuk seduhan, cairan, pil, atau kapsul, maka bacalah baik-baik kandungan yang terdapat di dalamnya dan aturan pakai yang ditentukan. Bila meragukan, sebaiknya tanyakan kepada ahlinya. 

4. Jika ada keluhan yang dirasa tidak nyaman setelah kurang lebih 8 jam mengonsumsi herbal, sebaiknya penggunaannya dihentikan dulu. Harus dipikirkan apakah ini suatu reaksi ketidak cocokan atau tanda healingcrisis. Setiap orang akan bereaksi dengan sangat beragam terhadapat obat herbal. tergantung pada respons tubuh masing-masing. Untuk mengetahui apakah ini agravasi atau ameliorasi sebaiknya konsultasikan kepada ahlinya. 

5. Jangan memberikan preparat herbal kepada anak-anak, terutama yang berumur kurang dari 5 tahun, tanpa konsultasi terlebih dahulu pada ahlinya.

6. Pada orang usia lanjut (berusia di atas 65 tahun), dianjurkan untuk tetap bertahan pada dosis yang rendah. Risiko sensitif bagi usia lanjut sangatlah besar sehingga munculnya efek samping lebih memungkinkan.

7. Jika sedang hamil atau menyusui, menderita penyakit yang kronis atau sedang mengonsumsi obat-obatan konvensional, penggunaan herbal harus berhati-hati karena ada beberapa tanaman yang melewati sawar otak sehingga dapat terkonsumsi oleh janin yang dikandung atau bayi yang disusui. Jika menderita penyakit tertentu reaksi yang terjadi, apakah herbal akan menambah efek obat kimiawi atau menekan kerja obat tersebut.

Baca juga: Air kelapa baik untuk penderita diabetes

Macam obat Herbal 

Berikut beberapa jenis herbal untuk mengatasi sakit maag

Ramuam 1 
15-60 gram daun kentut (Paedana Scandens) segar dicuci, lalu ditumbuk sampai seperti bubur. Tambahkan 1 cangkir air matang dan 1-2 sendok teh garam, aduk merata, lalu disaring, Minumlah setelah matang. 
Ramuan 2 
lrislah 5 jari kunyit ukuran besar kira-kira 1 mm, kemudian tambahkan 2 potong kayu manis kira-kira masing-masing 5 cm. Rebuslah dari 3 gelas menjadi 1 gelas dalam bejana yang tidak terbuat dari aluminium. Air rebusan akan berubah dan bening menjadi merah. Minumlah air rebusan tadi pada saat sakit maag terasa. Harus habis 1 gelas, Dengan minum air rebusan tersebut secara rutin, maag Anda bisa sembuh. 
Ramuan 3 
Ambil pucuk daun pepaya lima tangkai atau secukupnya. Cuci sampai bersih, lalu rebus dengan air kira-kira 5 gelas hingga mendidih dan airnya tinggal 2 gelas. Setelah dingin Anda boleh mencampurya dengan gula agar tidak terlalu pahit. 
Lakukan selama 7 hari berturut-turut atau selama sakit masih terasa. Biasakan minum pada pagi hari sebelum makan dan malam menjelang tidur. Selain untuk penyakit maag. obat ini juga bisa diminum untuk mengatasi penyakit cacing. 
Ramuan  4
Kupas, cuci dan parutlah dua buah kentang yang dicampur dengan kelapa parut. Rebus dengan air, lalu beri gula jawa secukupnya dan sedikit garam. Resep ini cukup manjur untuk orang~orang yang terserang gejala maag. 
Ramuan 5
Bagi yang cocok, kacang hijau dapat digunakan sebagai obat sakit maag. Ambil 1/4 kg kacang hijau, cuci, dan keringkan. Goreng tanpa minyak (sangrai) sampai masak, Lalu angkat. Tumbuk sampai halus seperti tepung. Satu sendok tepung kacang hijau yang dicampur air diminum setiap hari sampai rasa sakit berkurang. Jika suka, Anda boleh menambahkan gula. 
Ramuan 6 
Ambillah 9 pucuk daun bluntas (dalam tiap pucuk harus ada 9 lembar daun). Cuci sampai bersih, kemudIan remas-remas dan campur dengan setengah gelas air matang. Peras daun yang telah diremas untuk diambil aimya dan dibubuhi garam kira-kira seujung sendok Teh. Air daun bluntas yang menjadi setengah gelas itu dibiarkan semalam, Keesokkan harinya, saat perut dalam keadaan kosong, minumlah, jangan lupa diaduk terlebih dahulu
Baca juga: Cara terbentuknya tumor dan kanker, perbedaannya serta 20 resep obat herbal kanker yang paling sering digunakan
Ramuan 7 
Ambil dua lembar daun pepaya yang sedang (jangan terlalu tua), tumbuk sampai halus. Lalu beri 1/4 sendok teh garam dan l gelas air hangat. Kemudian, peras untuk diambil airnya. Minumlah pagi hari sebelum sarapan. Cukup dilakukan satu kali sehari, maka dalam lima hari sakit maag Anda akan sembuh. 
Ramuan 8 
30 gram temu lawak segar, 10 gram kulit jeruk mandarin kering dan 5 butir kapulaga direbus dengan 500 cc air hingga tersisa 200 cc. Kemudian airya disaring dan diminum hangat-hangat. 
Ramuan 9 
75 gram daun lidah buaya dikupas kulitnya ditambah 10 gram adas dan 5 butir bunga lawang direbus dengan 500 cc air hingga airnya tersisa 200 cc. Airnya disaring dan ditambah l sendok makan madu dan diminum hangat-hangat. 
Ramuan 10
25 gram kunyit segar, 20 gram kencur, dan 5 butir cengkeh direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc. Airnya disaring dan diminum hangat-hangat. 
Ramuan 11 
3 batang sereh ditambah 15 butir ketumbar dan sepotong lengkuas direbus dengan 500 cc air hingga tersisa 200 cc. Airnya disaring dan diminum hangat-hangat. 

Itulah penjelasan mengenai obat herbal untuk penyakit maag, semonga bermanfaat


0 Response to "OBAT HERBAL UNTUK PENYAKI MAAG"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel